Friday 7 March 2014

Peralatan Rumah Tangga Tradisional

Di jaman yang sudah canggih seperti sekarang ini tentunya berbagai peralatan rumah tangga tradisional sudah jarang digunakan lagi oleh sebagian besar para ibu rumah tangga, pesatnya perkembangan teknologi seperti sekarang ini tentunya membuat berbagai macam peralatan rumah tangga hadir dengan teknologi yang lebih modern. Maka dari itulah berbagai macam peralatan rumah tangga tradisional pun semakin lama semakin tersisihkan, karena mungkin penggunaan berbagai macam peralatan rumah tangga tradisional yang dirasa kurang praktis dan cukup merepotkan. Dan biasaya mungkin sebagian besar orang yang masih menggunakan berbagai macam peralatan rumah tangga tradisional tersebut adalah masyarakat yang tinggal di area pedesaan atau juga pedalaman.

Peralatan Rumah Tangga Tradisional

Karena pada saat ini memang sudah sangat banyak sekali terdapat berbagai macam peralatan rumah tangga elektronik yang tentunya dapat bekerja secara otomatis dan juga praktis, maka dari itulah banyak orang beralih mengunakan berbagai macam peralatan rumah tangga modern serta merta meninggalkan berbagai macam peralatan rumah tangga tradisional.

Dan di bawah ini adalah beberapa peralatan rumah tangga tradisional yang dapat kita ketahui bersama


Dandang – Salah satu peralatan rumah tangga tradisional tersebut memiliki fungsi untuk memasak nasi, dan penggunaan peralatan rumah tangga tradisional tersebut adalah untuk mengukus nasi yang biasanya dipadukan dengan menggunakan kukusan bambu. Dandang sendiri merupakan sebuah peralatan rumah tangga tradisional yang terbuat dari bahan tembaga, sehingga akan memiliki warna kuning ke-emasan dan memiliki bentuk seperti sebuah topi yang digunakan pesulap. Dan pada saat ini mungkin peralatan rumah tangga tradisional tersebut sudah tersisihkan oleh peralatan rumah tangga elektronik seperti rice coocker yang terhitung lebih praktis.

Kukusan bambu - Peralatan rumah tangga tersebut merupakan salah satu pasangan yang bisanya dikombinasikan dengan dandang di atas tadi sebagai wadah untuk memasak nasi dengan bentuk kerucut seperti sebuah tumpeng. Maka dari itu bagi sebagian orang yang menggunakan dandang tentunya akan menggunakan juga sebuah kukusan bambu, dan salah satu peralatan rumah tangga tradisional tersebut dibuat dengan menggunakan bahan dari bambu.

Tungku api – Tungku api tersebut mungkin dapat juga dikatakan sebagai kompor orang jaman dahulu, dan tungku api tersebut biasanya akan dibuat dengan menggunakan batu bata serta tanah liat. Dan untuk bahan bakarnya sendiri, tentu saja salah satu peralatan rumah tangga tradisional tersebut masih akan menggunakan kayu bakar.

No comments:

Post a Comment